Jumat, 05 Juni 2015

#Day 5…5 Places I want to visit




Bismillah…
Punya angan-angan ke tempat2 yang bagus, setiap orang pasti pernah memimpikannya. Saat kau mengunjungi tempat yang berbeda, mempelajari kebudayaannya, memakan makanannya, mempelajari bahasanya dan berinteraksi dengan masyarakatnya maka kau akan memiliki cara berpikir yang berbeda.

“I’m not the same, having seen the moon
 shine on the other side of the world.” _Mary Anne Radmacher_

Ini 5 list tempat yang ingin aku kunjungi untuk saat ini

1.      The holy city of Mecca (Mekah)

Mecca is home to the Kaaba. Islam’s holies site, as well as being the direction of muslim prayer. The city that never sleeps. Tempat tujuan umat muslim di seluruh dunia dalam menunaikan ibadah haji.



2.      Istanbul, Turkey



Istanbul merupakan kota percontohan negara2 di Eropa. Istanbul diantaranya terkenal sebagai kota budaya. Istanbul penuh dengan kisah peradabannya. Ingat sejarah penaklukan konstantinopel di masa Muawiyah? Film Muhtezem Yuzyil atau The Magnificient Century adalah salah satu alasan mengapa aku ingin menjungi turki.
Banyak tempat menarik yang ditawarkan di sana. Beberapa di antaranya yang paling ingin kudatangi adalah Aya Sofya ( Hagia Sophia). Sejak selesai dibangun, Hagia Sophia merupakan sebuah gereja orthodox, hingga akhirnya diubah menjadi masjid saat kota konstantinopel ( sekarang Istanbul ) jatuh ke tangan kekuasaan kekaisaran Ottoman ( Utsmani ) di bawah pemerintahan Sultan Mehmed II.

Lalu ada Istana Topkapi, Kompleks istana bekas tempat tinggal sultan ottoman yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan  sekarang dijadikan museum.

Karena jatuh cinta dengan sosok cerdas Mihrimah Sultan, salah satu pemeran di The Magnificient Century ( Sekarang sedang tayang di ANTV dengan judul ‘ Abad Kejayaan’ ) aku jadi ingin mengunjungi  Masjid Mihrimah di gerbang Edirne, Edirnekapi dan masjid  Iskele di Uskudar. Menurut beberapa sumber sejarah kerajaan ottoman, disebutkan bahwa Mimar Sinan ( salah satu arsitek kepercayaan Sultan Suleyman ) jatuh cinta kepada Mihrimah Sultan yang tergambar pada rancangannya di dua kompleks masjid yayasan mihrimah tersebut. Ada legenda yang mengatakan konon setiap tanggal 21 maret ( hari lahir Mihrimah Sultan ) ketika siang dan malam, bayangan dua masjid tersebut terlihat dengan sangat jelas dan seolah-olah menjadi satu-satunya masjid ketika dilihat dari sudut Edirnekapi dan Uskudar.


3.      Jeju Island, Korea



Pulau Jeju merupakan pulau terbesar di Korea, terletak di sebelah selatan semenanjung Korea. Karena memiliki keindahan alam dan kebudayaan yang unik, Pulau Jeju menjadi salah satu objek wisata paling terkenal di Korea. Dalam catatan sejarah pulau jeju juga disebut Doi, Dongyeongju, Juho, Tammora, Seomna, Tangna atau Tamra ( Ingat Drakor ‘The Tamra Island ‘).

Beberapa tempat yang patut dikunjungi saat berada di Pulau Jeju adalah Mokseokwon ( Taman batu dan kayu ) yang berisi kumpulan batu-batu unik dan akar pohon tua yang sudah mati. Taman Halim, Yongduam (Batu kepala naga ), Kebun Raya Yeomiji, Kampung Seongeup, Gelanggang  Pacuan Kuda Jeju dan banyak tempat lainnya.

Saat berada di Pulau Jeju tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jeju Cafe. Cafe yang di dedikasikan untuk film yang mengisahkan memori tentang cinta pertama di rumah Seo Yeon ( diperankan Han Ga In dan Bae Suzy) yang dibangun oleh cinta pertamanya Seung Min ( diperankan Uhm Tae woong dan Lee Je Hoon ). Architecture 101.

4.      Wina, Austria


Wina atau Vienna merupakan ibukota Austria yang terdapat di tepi sungai Danube. Wina adalah kota yang indah, bersih dan cantik di jantung kota Eropa.

Selain jatuh cinta akan keindahan kota Wina, aku juga tertarik hubungan sejarah Wina dengan Turki. Pada tahun 1952 Sultan Suleyman dari  kesultanan Islam Ottoman di Turki meneyerbu Wina namun gagal dan akhirnya menarik mundur pasukan yang tersisa (Jadi Ingat Ibrahim Pasha di film abad kejayaan, Ibrahim Pasha seorang negarawan yang cerdas namun Ia dihukum mati pada tahun 1536 oleh Sultan Suleyman dan propertinya disita oleh negara).

 Pada tahun 1683 Sultan Mehmed IV menyerahkan kepemimpinannya pada orang kepercayaannya, Merzinfolu Kara Mustafa Pasha atau Kara Mustafa untuk menguasai Wina. Namun karena kalah, Kara Mustafa melarikan diri seperti seorang pengecut. Akhirnya Sultan Mehmed IV memerintahkan untuk memenggal kepala Kara Mustafa. Namun, penggalan kepala Kara Mustafa terjatuh ke tangan Austria. Hingga saat ini tengkorak kepala Kara Mustafa dan lukisannya masih dapat dilihat oleh turis di Museum Sejarah Wina.


5.      Walt Disney World, Orlando




Tempat bermain impian terbesar di dunia. Walt Disney World terletak di Orlando, negara bagian Florida, Amerika Serikat. Walt Disney World terdiri dari 4 theme parks (Magic Kingdom, Epcot, Hollywood, Studios, dan Animal Kingdom), 2 water parks (Blizzard Beach dan Typhoon Lagoon), 1 kompleks pertokoan + restoran dan lebih dari 30 hotel resmi. Tapi dengar2 harga masuk ke sana cukup menguras kantong. Hmm tampaknya harus banyak berhemat saat ke sana.

Banyak tempat menakjubkan di dunia yang dapat dijadikan referensi destinasi wisata. Semoga suatu saat Dreams come true, aku dapat berkunjung ke tempat-tempat tersebut.  Amin.



“The world is a book,
and those who do not travel
 read only one page.”
 _ Saint Augustine_

3 komentar: