Minggu, 28 Juni 2015

#Day 26…The Importance of Education






Bismillah…
Maaf, baru sempat posting. Beberapa hari kemarin sibuk memusatkan perhatian pada kegiatan yang lain. So, kali ini aku akan memposting 4 tulisan, untuk menjawab beberapa challenges yang sempat ketinggalan.
Mengapa pendidikan itu penting??? Mengingat kembali ucapan Ayahku, bahwa satu hal penting yang mampu mereka ( Ayah dan Ibuku) wariskan kepada anak-anaknya adalah pendidikan. Pendidikan yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Pendidikan yang bisa dijadikan pegangan untuk masa depan.

Sejak kecil Ayahku memang telah menanamakan pentingnya pendidikan kepada kami. Beliau menceritakan bagaimana ia meninggalkan kampung halamannya untuk mengejar pendidikan yang lebih baik.
Pendidikan yang kumaksud di sini bukan hanya pendidikan formal yang bisa dipelajari di sekolah tetapi juga pendidikan non formal yang dapat diperoleh dari didikan orang tua maupun dari lingkungan. Termasuk diantaranya pendidikan agama, sopan santun dan lain lain.

Baik pendidikan formal maupun non formal dapat digunakan untuk kehidupan yang lebih baik. Pendidikan akan menawarkan ilmu pengetahuan yang lebih. Misalnya saja untuk menjadi manusia maju yang berkarakter dan lebih beradab. Orang yang berpengetahuan tidak akan mudah dibodohi karena mereka akan mampu menafsirkan hal-hal yang benar dan menerapkan informasi yang dikumpulkan ke kehidupan nyata.  Pengetahuan juga memberikan kepercayaan diri, mengembangkan perspektif,  mengajarkan untuk bersikap mandiri, menjanjikan karir yang lebih baik, dapat menghasilkan uang, mengubah mimpi menjadi reality serta membangun perkembangan ekonomi bangsa dan dirinya karena pendidikan merupakan pondasi dasar untuk bangsa yang kuat. Namun, pendidikan yang sesungguhnya diperoleh dari pelajaran yang diajarkan kehidupan. 

Pentingnya pendidikan juga  tercermin pada wanita yang akan menjadi seorang Ibu. Seperti kata Dian Sastrowardoyo, Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak yang cerdas. Pendidikan wajib untuk dimiliki seorang wanita yang akan menjadi Madrasah Pertama bagi anak-anaknya kelak.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang  memperoleh jenis pendidikan yang berbeda. Setiap orang punya ilmu pengetahuannya sendiri. Sekolah hingga ke tingkat yang paling tinggi bukan berarti memiliki ilmu pengetahuan yang paling banyak. Jangan sampai sombong dan dibutakan oleh ilmu pengetahuan secuil layaknya setetes air di lautan. Ilmu pengetahuan hanya titipan dari Allah SWT. Sang pemilik ilmu pengetahuan yang abadi. Dialah Al Aliim.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar