Kamis, 18 Juni 2015

#Day 18… Lessons for My Children






Bismillah…

Jika Allah berkenan dan memberikan rezeki kepadamu (calon imamku) dan kepadaku berupa anak-anak saat kita telah menempuh hidup yang baru, maka semoga Allah juga berkenan memberikan kita kemudahan untuk mendidik titipan-Nya  menjadi anak-anak yang soleh/solehah.”

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

(kok ini jadi keliatan serius yak ???? Nikah aja belum, udah ngomongin anak-anak #tepokjidat)

Aku mempelajari banyak hal dari kedua orang tuaku, kelurgaku dan orang-orang disekitarku. Tapi pelajaran yang paling tertanam di dalam diriku adalah yang diberikan oleh kedua orang tuaku sejak kecil dan aku semoga anak-anakku kelak juga dapat mewarisi hal-hal baik yang ada pada kedua orangtuanya.


1.      Keislaman

Aku ingin mengajarkan kepada anak-anakku sedini mungkin tentang aqidah islam agar mereka mengenal betul siapa Allah. Menumbuhkan kecintaan kepada Allah, mengidolakan pribadi Rasulullah dan menjadikan islam sebagai pedomannya.


2.      Budi pekerti

Sopan santun, berbakti kepada kedua orang tua, jujur, tidak sombong, pemaaf dan sikap-sikap baik lainnya. Semoga dapat dimiliki anak-anak ku kelak.

3.      Disiplin & Tanggung Jawab

Aku ingin memberikan contoh kedisiplinan kepada anak-anakku. Agar mereka mampu memelihara ketekunan dan ketaatan dalam beribadah. Paham akan kewajiban dan tanggung jawab mereka dan agar mereka mampu mengembangkan diri mereka dan mampu bertindak dalam kebiasaan pada kehidupan mereka selanjutnya.

“Setiapa anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Ibu dan Bapaknyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi”. (HR Al-Bukhari)




4 komentar: